Cara Mengobati Mata Minus

Cara Mengobati Mata Minus

Cara mengobati mata minus – Pada artikel kali ini kami akan mencoba merangkum apa sebenarnya mata minus dan bagaimana mencegah dengan  efektif. Memang tidak bisa di pungkiri mata adalah salah satu indra yang memiliki peran penting dalam aktifitas keseharian yang kita lakukan. Untuk hal hal seperti membaca ,mengendarai dan aktifitas lain tentu akan sangat  terganggu apabila anda memiliki keluhan mata seperti minus. Yuk simak pembahasan berikut

Apa itu Mata Minus ?

Cara Mengobati Mata Minus

Pada umumnya memang sering disebut dengan mata minus namun dalam kedokteran mata minus di istilahkan myopia Myopia atau mata minus adalah kondisi dimana anda memiliki penglihatan yang kabur/buram saat memandang objek yang letaknya jauh dari posisi anda. Beberapa literatur memaparkan bahwa mata minus akan berkembang atau terus bertambah baik secara pelan maupun secara lambat. Mata minus bisa dialami siapapun baik dalam usia anak maupun usia dewasa, perkembangan / pertambahan mata minus biasanya lebih cepat pada usia anak anak menuju ke dewasa dan lebih stabil pada anda yang berusia kira kira 29 tahun sampai 40 tahun.

Mata minus juga disebut sebagai kelainan yang terjadi pada kesehatan mata. Sebuah studi penelitian yang dilakukan oleh (NEI) National Eye Institute memaparkan bahwa pada studi penelitian yang dilakukan di Amerika Setikat , dalam 1 tahun penderita mata minus bertambah sekitar 25% dari populasi di AS pada rentang usia 12 sampai 54. Lalu apa sebenarnya yang menyebabkan timbulnya kelainan mata minus ini?

Jenis Jenis Mata Minus

Apa yang dimaksud mata minus

Mata minus memiliki tingkatan atau jenis jenis diantaranya mata minus ringan, mata minus medium, dan mata minus tinggi. Pada mata minus ringan ukuran rabunya antara 0,5 Dioptri sampai 3 Dioptri kondisi dimana seseorang masih bisa melihat objek pada jarak yang jauh walaupun terkadang mengalami pandangan yang kabur dan jelas secara bergantian.

Pada mata minus medium ukuran rabunnya adalah 3 Dioptri sampai 6 Dioptri dimana objek yang anda pandang dalam jarak yang jauh kabur serta tidak jelas, namun anda masih bisa mengetahui bentuk objek tersebut. Pada jenis yang terakhir yakni mata minus tinggi ukuran rabun sudah tinggi lebih dari 6 Dioptri dimana orang yang menderita ini sudah tidak jelas dalam memandang objek berjarak 10 meter.

Penyebab Mata Minus

Banyak sekali pendapat tentang apa yang menyebabkan mata minus. Diantara pendapat tersebut tentang penyebab mata minus adalah keturuna atau disebabkan karena genetik. Seringkah kita melihat anak anak yang sudah menggunakan kacamata karena kedua orang tuanya memang telah lebih dulu menggunakan kacamata? . Pendapat ini tidak sepenuhnya salah, namun tidak semua demikian.

Penyebab dan cara mengobati mata minus

Hal yang lebih dominan menjadi penyebab mata minus adalah pola kebiasaan yang anda lakukan misalnya karena kebiasaan anda menonton TV, mengoperasikan gawai, membaca tulisa dalam jarak pandang yang terlalu dekat dan anda melakukan kebiasan tersebut berulang ulang hal ini membuat otot pada mata anda akan cepat sekali mengalami kelelahan, sehingga mata kurang responsif dalam mengatur fokus. Penyebab lain dari mata minus adalah kurangnya asupan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh terutama oleh mata.

Mata kita membutuhkan banyak kandungan lutein dan Zeaxanthin. Jika selama ini kita mendengar bahwa yang dibutuhkan mata adalah Vitamin A , yang sering kita kaitkan dengan sayuran wortel adalah kurang tepat,  karena selain vitamin A mata juga memerlukan kedua hal diatas yakni lutein dan Zeaxanthin kedua zat ini memiliki antioksidan yang baik untuk mata. Kedua zat ini terkandung di dalam satur sayuran hijau gelap. Kedua zat ini dapat mencegah kelelahan atau stress yang terjadi pada mata.

Ciri Ciri Mata Minus

Apa tandanya jika anda terkena keluhan mata minus?. Beberapa dokter sepakat ciri mata minus yang utama adalah ketika anda melihat objek dalam jarak yang jauh namun objek tersebut terlihat buram atau kabur. Anda akan sulit membaca atau melihat benda benda yang jauh dengan jelas. Ciri lain ketika anda mengalami mata minus adalah ketegangan pada mata dan rasa pusing yang sering anda alami, mata akan cepat lelah ketika anda gunakan untuk beraktifitas.

Penderita mata minus pada umumnya akan merasakan mata yang tegang, terasa lelah dan mata akan sering berkedip. Mereka harus memincingkan mata saat ingin melihat suatu objek.

Resiko Mata Minus

Tentu dalam jangka panjang mata minus memiliki banyak resiko yang akan menanti jika anda tidak segera melakukan penanganan yang sesuai. Diantara resiko mata minus adalah kebutaan. Ibu hamil yang menderita mata minus tinggi sangat tidak disarankan untuk melakukan persalinan normal karena proses mengejan yang salah bisa jadi akan membuat saraf mata bisa putus dan mengalami kebutaan.

Resiko yang selanjutnya alah mengalami Ablasio Retina mata, atau kelainan akibat peradangan diarea mata.Peradangan ini akan menyebabkan mata minus anda semakin tinggi. Dalam jangka pendek yang akan anda rasakan ketika mata minus anda tidak akan bisa bersin dengan lapang. Kenapa? Karena seorang yang memiliki mata minus otot dan syaraf mata akan berkontraksi (tegang) yang menyebabkan mata terasa sakit.

Mata  minus juga akan membuat anda sangat mudah merasa pusing dan lelah ketika beraktifitas sehingga anda memiliki kualitas penglihatan yang buruk.

Cara Mengobati Mata Minus

Dalam dunia medis pengobatan mata minus dapat dilakukan dengan operasi Lasik. Apa itu operasi lasik? Lasik adalah akronim dari istilah medis dalam kedokterab Laser-assisted in situ karatomileusis , sebuah prosedur yang digunakan untuk mengobati keluhan mata baik minus, plus ataupun astigmatisme.

Operasi lasik cara mengobati mata minus

Pada operasi lasik, dokter mata akan membuka lapisan tipis dikornea dalam medis disebut menciptakan flap. Bagi penderita mata minus flap digunakan untuk meratakan korne yang terlalu melengkung. Tentu untuk melakukan pengobatan ini harus sepenuhnya dengan bimbingan dokter ahli dan memerlukan biaya  yang tidak sedikit. Pasca operasi lasik pun anda diharuskan untuk mengikuti prosedur prosedur agar serangkaian pengobatan berjalan dengan lancar.

Pengobatan Alternatif

Saat ini banyak sekali yang menawarkan altrernatif pengobatan mata minus melalui cara alami atau herbal. Banyak juga peminat pengobatan alternatif yang sudah merasakan efek berupa kesembuhan atas mata minus. Secara medis memang dibenarkan bahwa dengan mengkonsumsi herbal herbal tertentu dapat membantu anda untuk mengembalikan fokus pengembalian mata minus anda. Beberapa herbal yang dapat anda coba adalah seperti madu, daun kitolod, daun kelor . Daun kitolod dan daun kelor mengandung vitamin lebih banyak jika dibandingkan dengan wortel atau sayuran sejenisnya sehingga ini menjadi pilihan bagi anda yang ingin mencoba. Saat ini sudah banyak yang menjual dalam bentuk ekstrak.

Herbal kitolod untuk mengobati mata minus

Alternatif pengobatan kedua yang dapat anda coba adalah dengan melakukan gerakan senam mata, senam mata akan melatih mata anda dan merelaksasikan otot mata agar tidak terlalu tegang sehingga minus tidak bertambah. Untuk senam mata anda bisa cari panduan di youtube atau sekarang sudah ada beberapa ebook yang dijual mengenai senam mata.

Pencegahan Mata Minus

Jika saat ini anda belum terkena mata minus maka hal hal berikut bisa anda ikuti sebagai pencegahan terhadap mata minus.

a. Menghindari kebiasaan Buruk

Seperti telah dijelaskan diawal tentang penyebab mata minus, ada baiknya anda menghindari kebiasaan kebiasaan buruk seperti menonotn televisi dengan jarak yang dekat, membaca buku dengan cahaya yang kurang , membaca sambil tidur, dan kebiasaan terlalu lama berhadapan dengan gawai atau komputer.

Gunakan skema 20:20:20 , 20 Menit anda memandang gawai atau layar komputer, 20 detik pandangan kepada objek yang jaraknya 20 kaki. Hal ini akan mengurangi stress pada otot mata anda.

b. Mengurangi penggunaan kacamata yang berlebihan

Bagi anda yang saat ini menggunakan kacamata karena tren atau karena ingin eksis maka itu tidak salah namun harus digaris bawahi jangan berlebihan. Walaupun lensa yang anda gunakan adalah lensa normal hal tersebut bisa mengurangi ketajaman pandangan mata.

c. Melakukan olahraga senam mata

Selain dapat menjadi alternatif penyembuhan, senam mata juga mampu menjadi alternatif pencegahan mata minus. Senam mata akan melatih kelenturan otot mata. Simpel sekali anda hanya perlu menggerak gerakan mata kekanan kekiri sambil berkedip. Masih banyak gerakan lain tentang senam mata.

d. Menjaga Asupan Makanan

Dengan menjaga asupan makanan kedalam tubuh berarti anda juga menjaga kesehatan tubuh, hal inilah yang menjadi cara mengobati mata minus paling efektif. Biasakan untuk memperbanyak asupan makanan sayur dan buah buahan, sedikit demi sedikit hindari makanan junk food Baik baik menjaga asupan makanan untuk menjaga kesehatan. Simak ulasan dibawah tentang makanan apa saja yang dapat mencegah mata minus.

Makanan untuk mencegah mata minus

Menjaga asupan makanan untuk mencegah mata minus tentunya sangat baik dong, apa saja sih makanan yang dapat menjegah mata minus. Setidaknya untuk mencegah mata minus kamu dapat memakan sayuran, sayuran sayuran hijau memliki banyak kandungan gizi yang baik untuk mata, seperti penelitian dari NEI diatas bahwa lutenin dan zeaxanthin banyak terkandung pada sayuran berdaun hijau.

Makanan untuk cara mengobati mata minus

Makanan yang selanjutnya adalah kacang Almond, kacang almond kaya akan vitamin E, vitamin E sangat bermanafaat untuk penyegahan penyakit pada retina mata. Mata anda akan lebih kebal dari serangan masalah masalah yang sering terjadi pada mata.Makanan lain yang dapat anda konsumsi adalah telur, ikan laut, jeruk dan Alpukat. Kesemuanya mengandung zat zat baik untuk kesehatan tubuh. Anda juga dapat mengkonsumsi sulpemen suplemen herbal alami khusu untuk kesehatan mata seperti occulusVIT.

Baik itulah ulasan seputar cara mengobati mata minus. Jika artikel ini bermanfaat anda bisa share agar lebih banyak orang yang mengerti dan mengetahui mengenai mata minus.

Salam Sehat 🙂

Satu pemikiran pada “Cara Mengobati Mata Minus”

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.