Mengenal mata minus

occulusvit.com / mengenal mata minus – merasa kesulitan untuk melihat? semakin jauh melihat semakin tidak terlihat jelas? kemungkinan besar anda menderita yang namanya mata minus, mata minus adalah sebuah keadaan dimana mata kesulitan untuk melihat dalam jarak yang jauh.

Mata minus merupakan sebuah kelainan mata yang sangat umum di temukan di masyarakat kita, tidak memandang umur, semua orang dapat mengalami yang namanya mata minus, dari anak-anak sampai orang tua. Ayo simak terus artikel ini! kita akan membahas semua tentang mata minus, dari apa itu mata minus, ciri-ciri, penyebab, gejala, ukuran mata minus. Ayo baca terus samapai selesai!

Apa itu mata minus?

Apa itu mata minus? mengenal mata minus anda harus tau apa mata minus itu. Mata minus adalah sebuah keadaan dimana mata kesulitan untuk melihat pada jarak yang jauh, itulah kenapa mata minus juga disebut rabun jauh atau dalam bahasa medis adalah miopi.

Kenapa minus bisa terjadi?

Untuk bisa mengetahui bagaimana minus terjadi yang pertama kita harus tau bagaimana cara kerja mata, cara kerja mata adalah objek yang dilihat akan merefleksikan sinar dan sinar tersebut akan masuk ke mata melalui kornea, kemudian difokuskan oleh lensa mata ke retina.

Pada mata normal, lensa mata dan kornea membiaskan cahaya yang masuk sehingga bayangan objek difokuskan tepat di retina. Sedangkan pada penderita mata minus, cahaya yang masuk tidak fokus di retina, namun jatuh jauh di depannya. Hal ini dapat disebabkan oleh kornea yang terlalu cembung atau bisa juga panjang bola mata yang terlalu besar.

Masih bingung kenapa mata minus bisa terjadi? silahkan tonton video dibawah ini.

Kenapa minus terjadi

Tingkatan/Ukuran mata minus

Mata minus dibagi menjadi 3 tingkatan atau ukuran yang diukur dengan ukuran Dioptri yang sering disingkat (D), untuk penyebutan tingkatan minus biasanya dibelakang angka ada huruf (D) yabg berarti Dioptri. seperti contohnya mata minus 1,25 D, mata minus 1 artinya seperti mata minus 1 D.

Ketiga tingkatan mata minus tersebut adalah :

  • Mata minus Rendah yaitu mata minus yang memiliki tingkat dioptri antara 0.5D hingga  3D.
  • Mata minus Sedang yaitu mata minus yang memiliki tingkat dioptri antara 3D hingga  6D.
  • Mata minus Tinggi/Berat yaitu mata minus yang memiliki tingkat dioptri diatas 6D.

Semakin tinggi tingkatan mata minus juga memerlukan kaca pada kacamata yang semakin tebal.

Ciri-ciri/Gejala mata minus

Orang-orang yang memilik masalah mata minus biasanya akan memiliki ciri-ciri atau gejala sebagai berikut ini:

  • Pengelihatan menjadi buram
  • Sering mengedipkan mata
  • Sering mengucek mata
  • Tidak menyadari keberadaan benda yang jaraknya jauh
  • Anda perlu menyipitkan mata atau menutup sebagain kelopak mata untuk melihat suatu objek dengan jelas.
  • Mata terasa perih dan lelah ketika memandang sesuatu objek terlalu lama.
  • Sakit kepala, yang disebabkan karena mata yang lelah karena dipaksa untuk melihat suatu objek secara jelas.
  • Sulit melihat saat berkendara, terutama di malam hari (bisa karena rabun senja).

Diatas adalah beberapa ciri-ciri dari orang yang memiliki kelainan mata minus, jika anda merasakan hal-hal tersebut lebih baik segera periksakan mata anda sebelum minus semakin tinggi.

Penyebab mata minus

Sebenarnya ada banyak sekali hal yang menyebabkan atau penyebab terjadinya mata minus, namun ada beberapa penyebab mata minus, diantaranya adalah :

1. Faktor Genetik

Mata minus juga bisa disebabkan olehfaktor genetik atau keturunan, bila salah satu orangtua mengalami minus rabun jauh, maka peluang anak untuk mendapatkan kondisi ini juga lebih besar. Semakin besar lagi risikonya jika kedua orangtua sama-sama memiliki mata minus. Sampai saat ini, penelitian menyatakan bahwa ada 40 gen yang mengakibatkan rabun jauh.

2. Kebiasaan membaca yang salah

Meskipun bukan penyebab utama mata minus tapi kebiasaan membaca yang salah dapat memengaruhi risiko terjadinya mata minus. jika anda seorang yang gemar membaca, risiko rabun jauh lebih besar ketimbang orang lain yang jarang membaca. Terutama jika sering membaca di tempat yang redup dan jaraknya terlalu dekat ke mata.

3. Jarang melakukan aktivitas di luar ruangan

Ternyata jarang melakukan aktivitas diluar ruangan juga bisa menyebabkan mata minus, Ada beberapa penelitian yang menyatakan bahwa minus juga bisa diakibatkan karena jarang melakukan aktivitas di luar sehingga memengaruhi kesehatan mata. Pasalnya, tingkat cahaya di dalam ruangan dengan di luar tentu berbeda. mata minus juga disebabkan karena cahaya yang kurang.

4. Selalu menggunakan mata dalam jarak dekat

Jika anda adalah seorang yang punya kebiasaan menulis, membaca, hingga bermain gadget atau komputer terlalu dekat dengan mata, maka hal ini dapat meningkatkan risiko mata minus. Jadi, sebaiknya biasakan untuk membaca ataupun menulis dari jarak sekitar 40 sentimeter (cm) dari layar atau buku.

Sebenarnya ada banyak sekali faktor-faktor dan penyebab kenapa mata minus bisa terjadi, diatas adalah beberapa cobtohnya jadi jangan hanya contoh diatas yang dijadikan patokan anda ya.

Menyembuhkan mata minus

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan mata minus, tapipada dasarnya ada 2 cara yaitu secara Alami atau dengan jalan Operasi.

Kedua cara terebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, contohnya operasi dapat menyembuhkan mata minus dalam waktu yang cepat tapi selain biaya yang maha juga ada resiko dibalik operasi mata minus, salah satu resiko yang bisa saja terjadi salah satunya adalah terjadinya mata silinder.

Bagi anda yang mempunyai mata minus dan pengen sembuh tapi sudah mencoba berbagai cara tapi tidak ada perubahan, bisa mencoba menggunakan OcculusVIT. dengan menggunakan OcculusVIT anda tidak perlu takut atau khawatir tidak ada perubahan karena OcculusVIT memberikan Garansi 100% Uang Kembali jika tidak ada peruban sama sekali dalam 40 Hari.

Langsung saja hubungi kami untuk lebih tau soal OcculusVIT, langsung saja KLIK tombol dibawah ini!!!

Apakah perbedaan mata minus dan mata silinder?

Mungkin banyak orang yang mengatakan mata minus itu sama dengan mata silinder, tapi kenyataanya berbeda. walaupun ciri-ciri dan gejalanya sama tapi kedua hal tersebut berbeda….

Mau tau apa perbedaan mata minus dan mata silinder? tunggu artikel selanjutnya ya.. hanya di occulusvit.com

Mau tau berbagai tips, fakta, hal unik tentang mata kita? jangan lupa kunjungi akun sosial media OcculusVIT ya 🙂

INSTAGRAM, FANSPAGE, YOUTUBE

Mungkin itu daja dulu artikel atau pembahsan kita kali ini tentang mengenal mata minus, tunggu artikel selanjutnya tentang perbedaan mata minus dan mata silinder ya.. sampai jumpa lagi 🙂

Pengunjung Juga Mencari :

3 pemikiran pada “Mengenal mata minus”

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.