Pengertian Floater

Pengertian Floater

Pengertian Floater – Apakah kamu tau tentang floaters? Floaters adalah salah satu penyakit mata yang sering terjadi, penyakit ini akan membuat pandangan mata terganggu karena seperti melihat benda berukuran kecil yang tampak melayang-layang. langsung saja kita tentang floater dibawah ini.

Pengertian Floater

Floaters adalah salah satu penyakit mata yang menyebabkan pengelihatan seperti melihat bayangan benda berukuran kecil hingga besar yang tampak melayang-layang. Ukuran dari floaters ini bervariasi, mulai dari bintik-bintik hitam kecil hingga bayangan yang lebih besar seperti bentuk tali panjang. Floaters biasanya muncul saat seseorang melihat cahaya terang seperti matahari atau menatap warna dasar seperti warna putih terlalu lama.

Floater ini sebenarnya adalah sisa-sisa kotoran yang berasal dari vitreus yang kekentalanya berkurang karena faktor usia. vitreus sendiri adalah cairan lendir kenyal yang berada di antara bagian depan dan belakang mata yang berfungsi untuk mempertahankan bentuk bola mata

Selain karena faktor usia ada beberapa faktor yang mengakibatkan floater seperti kecelakaan yang melukai mata, rabun dekat, peradangan mata, infeksi, komplikasi diabetes, sobekan retina, tumor intraokular, atau migrain.

Gejala Floater

Floater ini tidak menyebabkan rasa sakit, namun lebih pada menganggu pengelihatan karena penderita floater akan melihat bayangan benda berukuran kecil atau bintik-bintik hingga besar yang tampak melayang-layang. Namun jika gejalanya adalah bintik bintik bayangan tali yang berubah ukuran disertai melihat cahaya dan kehilangan penglihatan tepi sampai pandangan buram, maka sebaiknya anda segera berkonsultasi pada dokter.

Baca Juga Cara menyembuhkan mata minus dengan cepat

Penyebab Floater

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab dari floater, diantaranya adalah

Faktor Usia

Penyebab paling banyak dari floater adalah karena faktor usia, karena seperti yang dijelaskan diatas floater adalah sisa-sisa kotoran yang berasal dari vitreus yang kekentalanya berkurang. dan yang membuat kekentalan vitreus berkurang adalah faktor usia.

Pendarahan Pada Mata

Floater juga bisa disebabkan karena pendarahan pada mata atau karena gangguan pada pembuluh darah, seperti yang terjadi karena retinopati diabetik.

Peradangan pada mata bagian belakang

Floater juga bisa terjadi karena peradangan pada mata bagian belakang, Kondisi ini disebut dengan istilah uveitis posterior, yaitu di mana lapisan uvea (lapisan di bola mata bagian belakang) mengalami peradangan akibat infeksi.

Sobekan Retina

Retina bisa saja sobek akibat dari tarikan vitreus saat mengerut dan menarik lapisan retina. hal ini harus segera ditangani karena sobekan retina ini akan menyebabkan lepasnya lapisan retina, yang dapat berisiko untuk terjadinya kebutaan.

Baca Juga Penyebab Mata Silinder

Pengobatan Floater

Floater harus diobati jika floater sudah menganggu pengelihatan, ada 2 cara untuk mengobati floater yaitu dengan cara operasi dan cara alami. berikut ini adalah cara mengobati floater

Terapi Laser

Terapi laser ini dilakukan dengan cara dokter akan mengarahkan sinar laser khusus pada badan kaca (vitreous humour) untuk menghancurkan floaters menjadi partikel yang lebih kecil, sehingga tidak menggangu penglihatan. Terapi ini harus dilakukan dengan hati-hati karena dapat merusak retina jika pengarahan laser tidak tepat.

Vitrektomi

Cara ini dilakukan jika terapi laser tidak banyak membantu, operasi vitrektomi dapat menjadi pilihan bagi penderita floaters. Operasi ini dilakukan dengan mengangkat badan kaca berikut butiran-butiran kecil yang mengambang dan menggantikannya dengan cairan garam steril. Sebelum melakukan operasi vitrektomi, disarankan untuk konsultasi dengan dokter terlebih dahulu guna mengetahui resiko dan efek samping yang mungkin terjadi.

Menggunakan Cara Alami

Cara ini adalah cara yang paling aman, karena cara ini tidak ada efek samping maupun resiko yang akan terjadi. Penderita floater dapat menggunakan OcculusVIT untuk menyembuhkan floater pada matanya, saat menggunakan occulusvit floater akan menghilang secara perlahan. Mau tau lebih banyak tentang occulusvit? langsung saja hubungi kami lewat wa dengan klik tombol dibawah ini

Mungkin itu saja pembahasan kita kali ini tentang pengertian floater, semoga bermanfaat. sampai jumpa lagi.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.