Pengertian Katarak

Pengertian Katarak – Bicara soal katarak pasti pembaca sekalian pasti sudah tau, atau setidaknya sudah tau jika katarak itu adalah penyakit yang terjadi pada mata. katarak sendiri biasanya banyak diderita oleh orang-orang yang sudah lanjut usia, lalu sebenarnya apakah katarak itu? mari kita bahas sama-sama tentang pengertian katarak dibawah ini.

Pengertian Katarak

Katarak adalah sebuah kondisi mata dimana lensa mata menjadi keruh dan seperti berawan, katarak sendiri berasal dari bahasa latin cataracta yang memiliki arti air terjun. hal tersebut karena penderita katarak bila melihat sesuatu seakan-akan ada air terjun yang berada didepan matanya yang menetupi pengelihatan, dalam bahasa inggris katarak disebut dengan pearleye yang berarti mata mutiara karena mata penderita katarak seperti mutiara, sementara dalam bahasa indonesia disebut dengan mata ikan tapi lebih banyak disebut katarak.

Katarak merupakan gangguan pengelihatan karena lensa lensa mata keruh sehingga cahaya yang masuk ke mata tidak bisa diterima oleh retina(lapisan serabut saraf di bagian belakang bola mata) secara sempurna, hal inilah yang menyebabkan pengelihatan menjadi buram. Katarak juga dapat menyebabkan kebutaan, katarak juga merupakan penyebab utama kebutaan didunia setelah glaukoma.

Baca Juga Cara menyembuhkan mata minus dengan cepat

Jenis-jenis Katarak

Katarak juga ada jenis-jenisnya, berikut ini adalah jenis-jenis katarak

Katarak Kongenital

Katarak kongenital merupakan katarak bawahan lahir, pada umumnya katarak ini disebabkan oleh infeksi dan kelainan metabolisme yang terjadi saat pembentukan janin. katarak jenis ini sangat jarang terjadi

Katarak Traumatik

Katarak traumatik adalah katarak terjadi karena kecelakaan pada mata, misalnya seperti mata tertusuk hingga menembus lensa atau terbentur sesuatu sampai robek. katarak jenis ini juga bisa terjadi akibat paparan sinar UV dan radiasi dalam jangka waktu yang lama seperti pada pekerja las.

Katarak Sekunder

Katarak sekunder adalah jenis katarak yang dialami oleh penderita diabetes, karena penderita diabetes memiliki potensi 10x terkena katarak daripada orang normal. katarak jenis ini adalah katarak yang berasal dari akibat sesuatu kondisi.

Katarak Senilis

Katarak senilis adalah katarak yang timbul setelah seseorang berumur 40 tahun, biasa disebut katarak ketuaan. katarak ini disebabkan oleh penurunan kualitas kesehatan akibat usia dan pengaruh kesehatan.

Katarak Komplikasi

Katarak komplikasi merupakan katarak yang disebabkan oelh infeksi mata atau akibat dari penyakit mata lain.

Konsultasi masalah kesehatan mata KLIK tombol dibawah ini!

Gejala Katarak

Penderita katarak akan mengalami beberapa gejala-gejala seperti berikut ini:

  • Pengelihatan buram seperti saat memakai kacamata hitam
  • Pengelihatan semakin kabur menjelang sore hari, terutama pada waktu malam.
  • Pengelihatan ganda(jika melihat dengan satu mata dan mata satunya ditutup)
  • Silau saat melihat cahaya terang
  • Mata merasa gatal.
  • Sering mengeluarkan air mata
  • Terkadang merasakan nyeri pada mata
  • Adanya pembengkakan pada lensa
  • Mengalami perubahan warna menjadi lebih putih pada bagian mata yang hitam.

Itulah gejala-gejala yang dialami penderita katarak.

Baca Juga Informasi seputar mata

Pencegahan Katarak

Sebelum mengalami katarak lebih baik kita melakukan pencegahan agar jangan samapi terjadi katarak, ada beberapa cara pencegahan katarak diantaranya adalah:

  1. Rutin memeriksakan mata (agar jika ada kelainan dapat segera ditangani)
  2. Menggunakan kacamata hitam bila beraktivitas diluar ruangan untuk melindungi mata dari sinar ultraviolet
  3. Tidak merokok
  4. Tidak minum minuman beralkohol
  5. Hindari makanan cepat saji yang mengandung lemak jenuh, gula, dan sodium dalam jumlah tinggi

Makan makanan yang mengandung banyak magnesium juga dianjurkan seperti kacang, biji-bijian, telur, dan sayuran hijau. perbanyak pula buah-buahan dan sayur-sayuran yang mengandung vitamin A, C, dan E.

Konsumsi 1 cangkir teh hijau setiap hari juga dipercaya dapat mencegah katarak, mengkonsumsi jus wortel juga sangat dianjurkan.

Pengobatan Katarak

Katarak biasanya disembuhkan dengan cara operasi, operasi katarak ada beberapa macam teknik diantaranya adalah Fakoemulsifikasi, ekstrakapsuler, intrakapsuler, dan femtosecond.

Fakoemulsifikasi

Teknik ini dengan cara memasang sebuah lensa buatan yang dipasang sesuai dengan posisi lensa mata.

Ekstrakapsuler

Teknik ini dilakukan saat kondisi lensa mata yang sangat keruh sehingga tidak bisa ditangani dengan teknik fakoemulsifikasi, tekniknya sama dengan fakoemulsifikasi bedanya teknik ini adalah memerlukan penjahitan untuk menutup luka dan memerlukan obat pemati rasa lebuh banyak.

Intrakapsuler

Teknik ini dilakukan untuk mengatasi trauma matayang berat, lensa harus dikeluarkan beserta selubungnya kemudian lensa buatan akan diapsang didepan iris

Femtosecond

Teknik ini menggunakan laser, penggunaan laser ini bertujuan untuk mencegah trauma pada endotel dan untuk menurunkan resiko terjadinya kerusakan kapsul posterior sehingga lebih aman.

Katarak lebih baik dicegah dari pada diobati, cara pecegahanya bisa dengan selalu menjaga kesehatan mata dengan memakai herbal khusus untuk mata, klik tombol dibawah ini

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.