Pengertian Pterygium Pada Mata

Pengertian Pterygium – Pernah melihat mata sesorang terdapat serperti selaput berlemak yang menutupi mata? Kondisi tersebut adalah mata menderita yang namanya pterygium.

Apa itu Pterygium? langsung saja kita bahas dibawah ini tentang pengertian pterygium.

Pengertian Pterygium

Pterygium atau Surfer’s Eye, adalah kondisi pada mata yang membuat selaput pada bagian putih mata berubah menjadi keruh. Kondisi ini sering terjadi pada orang yang sering berada di luar ruangan, terutama peselancar, karena itulah Pterygium bisa disebut dengan Surfer’s Eye.

Pterygium adalah pertumbuhan non-kanker yang menonjol dan terlihat pembuluh darahnya. Pertumbuhan pterygium biasanya dimulai dari bagian tepi mata yang dekat dengan hidung dan akan menyebar ke arah tengah mata. Pertumbuhan ini dapat mencapai kornea (bagian yang berfungsi untuk melindungi pupil pada mata) Bila hal ini sampai terjadi, maka akan menganggu kemampuan melihat karena pterygium menghalangi masuknya cahaya melalui pupil. Pterygium dapat terjadi pada salah satu atau kedua mata. Bila terjadi pada kedua mata disebut dengan bilateral pterigium.

Pterygium

Gejala Pterygium

Pterygium pada umumnya hanyalah tumbuhnya selaput pada permukaan bola mata, tapi terkadang bisa disertai dengan gelala-gejala seperti:

  1. Mata Merah
  2. Pandangan kabur
  3. Gatal
  4. Perih
  5. Terasa ada yang menganjal pada mata

Penyebab Pterygium

Penyebab pterygium belum diketahui secara pasti. Namun kondisi ini lebih banyak terjadi pada mereka yang sering melakukan aktivitas luar ruangan.

Beberapa peneliti mempercayai paparan sinar matahari sebagai penyebab, yang selanjutnya mengakibatkan mata kering. Pterygium lebih umum terjadi pada orang yang terpapar sinar matahari dan angin, seperti orang yang bekerja di luar ruangan. Orang yang tinggal di area dengan iklim tropis atau kering berisiko lebih tinggi mengalami pterygium.

Baca Juga Mata Kering

Pajanan sinar matahari, debu, asap, serta angin diduga berpotensi meningkatkan risiko pterygium. Mata yang kering juga diduga bisa menjadi faktor pemicu.

Di Indonesia, petani dan nelayan adalah orang yang rentan mengalami pterygium.

Pencegahan Pterygium

Pterygium bisa terjadi pada seseorang yang banyak melakukan aktivitas di luar ruangan. Cara mencegah pterygium adalah dengan mengurangi risiko terpapar radiasi ultraviolet bisa dengan menggunakan kacamata hitam dan pelindung kepala. Cara tersebut sangat penting untuk yang tinggal di daerah tropis.

Pengobatan Pterygium

Pengobatan pterygium bisa dilakukan dengan cara operasi, operasi tersebut dilakukan untuk mengangkat selaput pterygium yang menutupi mata, selain operasi pterygium juga dapat disembuhkan dengan cara memberikan obat mata untuk menghilangkan selaput pterygium secara perlahan.

Anda dapat menggunakan herbal mata OcculusVIT untuk menyembuhkan pterygium anda, langsung tanyakan lewat wa customer service kami dengan cara KLIK tombol dibawah ini

Mungkin itu saja pembahan kita tentang pengertian pterygium, semoga artikel ini bermanfaat. sapai jumpa lagi 🙂

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.